Home » Alat Tangkap » Jaring Insang

Jaring Insang

29 January 2012

Jaring insang atau dalam dunia perikanan international lebih dikenal dengan nama “Gill Net” merupakan alat penangkap ikan yang berbentuk lembaran jaring empat persegi panjang dengan ukuran mata jaring (mesh size) yang sama besar dan dilengkapi dengan pelampung, pemberat, tali ris atas serta dengan atau tanpa tali ris bawah untuk menghadang arah renang ikan, sehingga ikan sasaran akan terjerat pada mata jaring atau terpuntal pada bagian tubuh jaring.

Alat tangkap ini merupakan salah satu alat penangkap ikan yang ramah lingkungan dan selektif. Disebut alat tangkap yang ramah lingkungan, karena dalam pengoperasiannya alat tangkap ini tidak mengakibatkan pencemaran dan kerusakan pada lingkungan tempat alat tangkap ini beroperasi. Sedangkan dalam hal selektifitas, alat tangkap ini hanya menangkap ikan dengan ukuran tertentu tergantung besarnya ukuran mata jaring yang dipakai oleh alat tangkap ini sehingga dapat meminimalkan hasil tangkapan yang belum layak tangkap berdasarkan ukurannya.

Sesuai dengan metode pengoperasiannya, jaring insang dapat dibedakan menjadi beberapa macam :

1. Jaring Insang Menetap (Set Gill Net)

Jaring insang ini merupakan jenis jaring insang yang dipasang menetap, baik di permukaan (Surface Gill Net), pertengahan (Mid-Water Gill Net) ataupun dasar perairan (Bottom Gill Net). Untuk menjaga agar jaring ini tidak hanyut, biasanya digunakan jangkar (anchor) yang diikatkan pada alat tangkap ini dan setelah dipasang, biasanya jaring ini akan ditinggal selama beberapa jam sebelum akhirnya diangkat untuk mengambil hasil tangkapannya.

2. Jaring Insang Hanyut (Drift Gill Net)

Jaring insang ini merupakan jenis jaring insang yang dioperasikan dengan cara dibiarkan hanyut pada perairan. Dalam pengoperasainnya, biasanya jaring ini salah satu ujungnya diikatkan pada perahu atau kapal yang dipakai oleh nelayan.

3. Jaring Insang Lingkar (Encircling Gill Net)

Jaring insang ini merupakan jaring insang yang dioperasikan dengan cara melingkari gerombolan ikan (schooling). Setelah ikan target terkurung oleh jaring ini, maka gerombolan ikan tersebut akan dikejutkan sehingga mereka berpencar dan tersangkut pada alat tangkap ini.

Selain tiga jenis jaring insang diatas, terdapat juga jenis jaring insang lainnya yaitu Jaring Insang Tiga Lapis (Trammel Net). Jaring insang ini terdiri dari tiga lapis jaring, satu lapis jaring bagian dalam (inner net) bermata jaring kecil dan dua lapis jaring bagian luar (outer net) bermata jaring lebih besar. Biasanya yang tertangkap oleh jaring ini adalah ikan dasar dan udang.(dirangkum dari berbagai sumber)

Alat Tangkap